Sosialisasi Pindah Memilih, KPU Minahasa Door to Door di Asrama Mahasiswa UNIMA

Sosialisasi Pindah Memilih, KPU Minahasa Door to Door di Asrama Mahasiswa UNIMA

Tondano - Giat sosialisasi terus digencarkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa, salah satu program yang baru dilaksanakan yaitu sosialisasi layanan pindah memilih di asrama-asrama Mahasiswa yang kuliah di Universitas Negeri Manado (UNIMA) pada Sabtu 2/3.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Upaya Perlindungan Hak Suara Pemilih dalam Pemilu 2019, dilakukan dengan Kunjungan Langsung ("DOOR TO DOOR" layanan Pindah Memilih) ke Mahasiswa Unima, Khususnya Di Asrama2 Mahasiswa Luar Minahasa yang berpotensi masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan Tahap kedua.

Pada layanan Kali ini KPU Minahasa Yakni divisi Perencanaan Data dan Informasi langsung Masuk Ke Asrama2 tersebut, melakukan Pengecekan Data Mahasiswa, melalui Aplikasi INFO Pemilu 2019 KPU RI / www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id .

Bagi Yang telah Terdaftar, Langsung Dilakukan Pendataan, pengisian Form A.5 oleh PPS Setempat  dan Direkap Sebagai :

Pemilih DPTb Masuk Minahasa yang mengurus di daerah Tujuan (dalam hal ini Minahasa Sebagai Tujuan Pindah Memilih).

Adapun Asrama yang dikunjungi dan layanan Jemput Bola Pindah Memilih ini berjumlah 15 (lima belas) asrama sbb:

Kamasan Putra

Kamasan putri

Supriori

Serui

Lani Jaya

Biak

Tamberau

Bolmong

Buku Tidore

Gorontalo

Membramo

Kaimana

Gawat (Ambon)

Teofanka

Wamena

 

Video Sosialisasi Layanan Pindah Memilih kepada Mahasiswa UNIMA

 

Dari kunjungan tersebut ada beberapa hal yang ditemui diantaranya:

1. Mahasiswa Luar Minahasa Terdaftar di DPT Asal sehingga Masuk dalam DPTb masuk Minahasa.

2. Mahasiswa Luar Minahasa yg belum terdaftar di DPT Asal, sehingga tidak Bisa di data.

3. Mahasiswa Luar Minahasa yang terdaftar di DPT Asal, namun akan pulang Ke daerah Asal untuk Mengikuti Pemilu 2019 di tempat dimana ybs terdaftar.

4. Mahasiswa Luar Minahasa yang Menutup Diri, Belum Bisa menerima kedatangan KPU/Penyelenggara karena belum Paham Pemilu itu, (masih kental dgn Adat/kesukuannya/introvert)

Komisioner KPU Minahasa Divisi Perencanaan dan Data Lidya Malonda menjelaskan Langkah ini di ambil semata adalah untuk melindungi Hal pilih, dan tentunya dalam setiap tahapan, harus dijalankan sesuai aturan yang ada.

“Termasuk dalam layanan Pindah Memilih ini, bisa dilakukan bagi mereka yang telah terdaftar Dalam DPT asal, dan tentunya saat melakukan Pindah Memilih berpengaruh pada Surat Suara yang diterima oleh Pemilih DPTb Tsb.” tambah Lidya.

Perlu diketahui tahapan DPTb telah memasuki tahapan penyusunan dimana pada tingkat Kelurahan/desa, paling lambat 3 Maret 2019, harus melakukan penyusunan DPTb2 ini yang selanjutnya akan di rekap secara Berjenjang SD KPU RI.

Turut hadir dalam dalam kegiatan ini KPU Minahasa bersama jajaran; PPK Tondano Selatan, dan PPS Kelurahan Maesa Unima dan Tataaran Patar, bersama dengan Bawaslu Minahasa yang di Wakili oleh Panwaslu Kecamatan Tondano Selatan. (vidi)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close