KPU Minahasa Lantik 50 PPK Tambahan Pemilu 2019

KPU Minahasa Lantik 50 PPK Tambahan Pemilu 2019

Tondano - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan penambahan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi dan surat edaran KPU RI no 1509 tentang ‘Penetapan dan Pengangkatan Anggota PPK dan PPS Pemilu 2019’ pada rabu 2/1/19, bertempat di KPU Minahasa.

Sebanyak 50 orang PPK dari 25 Kecamatan, diambil sumpah oleh Ketua KPU Minahasa Lord A. Malonda, S.Pd yang terdiri dari 26 laki-laki dan 24 perempuan.

Dalam sambutannya ketua KPU berharap PPK yang baru dilantik untuk menjaga integritas dalam bentuk: Bekerja sesuai regulasi dan kode etik, Antusiasme/Semangat laksanakan semua tahapan dan arahan KPU dan tolak manipulasi proses dan hasil pemilu sejak dini;

Malonda juga menambahkan penjelasan terkait Kotak Suara berbahan karton “Kotak Suara Karton bukan hal baru tapi secara bertahap sejak pemilu 2014, pilkada 2015, pilkada 2017 dan pilkada 2018 sudah digunakan. Tidak ada masalah dalam penggunaan kotak suara tersebut. Bahkan kini dengan satu sisi dibuat transparan membuat hasil pemilu menjadi transparan serta meminimalisir potensi manipulasi pada proses pergerakan hasil pemilu dari TPS ke PPS-PPK” jelasnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Minahasa oleh Kasubbag Hukum KPU Minahasa, Dr. Stella Sompe, dimana lewat pembacaan SK ini juga dijelaskan tentang tugas kewenangan dari PPK.

Setelah nama-nama PPK yang akan dilantik dibacakan oleh Kasubbag Hukum KPU Minahasa, acara dilanjutkan dengan pengambilan dan sumpah/janji oleh Ketua KPU Minahasa Lord A. Malonda, S.Pd kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas, oleh perwakilan PPK untuk suksesnya Pemilu 2019.

Sementara itu Komisioner Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat Peter Mawikere berharap dengan dilantiknya penambahan 2 orang PPK ini kiranya mereka bisa bekerja sama memberi waktu kurang lebih 4 bulan untuk mensukseskan tahapan Pemilu 2019 sampai selesai.

Kegiatan pengambilan sumpah janji penambahan PPK pemilu 2019 juga dirangkaikan dengan PAW 13 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 13 desa di Kabupaten Minahasa.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut,  Komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngantung, Lidya Malonda dan Rendy Suawa, serta pimpinan Bawaslu Minahasa. (vidi)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close