Bapaslon Perseorangan TMS

Bapaslon Perseorangan TMS

Pilbup Minahasa 2018 Tanpa Calon Perseorangan

 

Tondano - Pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2018 dipastikan tak akan diwarnai calon dari jalur independen. Hal ini menyusul tak ada pasangan bakal calon dengan jalur perseorangan yang lolos syarat independen. Hingga batas akhir pemasukan dukungan calon independen, tadi malam pukul 00.00 Wib, dipastikan tak ada pasangan yang lolos.  “Tadi malam ada pasangan calon Greity Kawilarang dan  Gerald Mentang datang membawa berkas, namun usai diverifikasi, mereka akhirnya dinyatakan tak memenuhi syarat minimal dukungan,” beber Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon, kemarin.

Dia pun menjelaskan, pemeriksaan tim dari KPU meliputi dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang seharusnya memenuhi syarat minimal 23.362. “Atau atau 8,5 persen dari jumlah pemilih di Minahasa,” katanya. Namun, Tinangon melanjutkan, dari hasil verifikasi KTP, hanya 670 KTP. “Tentu ini tidak memenuhi syarat yang kita ajukan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, berkas bakal calon tidak memiliki formulir B2KWK atau rekapitulasi jumlah dukungan calon Perseorangan. “Serta tak terpenuhinya dukungan dalam bentuk softcopy pada Sisitim Informasi Pencalonan (Silon),” katanya.

Dengan kondisi ini, dia memastikan, perhelatan Pilbup di Minahasa tahun depan tak akan diikuti oleh calon jalur perseorangan.  “Otomatis perhelatan Pilkada di Minahasa tahun depan, tidak diikuti oleh Paslon dari jalur independen,” tegas Tinangon.

Sementara, pasangan calon yang datang mendaftarkan diri namun tak memenuhi syarat dukungan, Greity Kawilarang mengaku legowo dengan keputusan KPU. Kata dia, sejumlah persiapan jelang pendaftaran tak sesuai dengan ekspektasi. “Padahal sesuai rencana, dan sudah kita kalkulasi dukungan yang sudah kita kantongi sekitar 65.000, tapi karena ada halangan dan sesuatu hal, berkas dukungan lainnya tidak sampai ke kantor KPU,” singkatnya.

Diketahui, sejak dibuka pada Sabtu (25/11) lalu, hingga ditutup pada Rabu (29/11) pukul 00.00 Wita, hanya satu pasangan yang mendaftarkan diri. Sementara bakal calon bupati lainnya yakni Meki Onibala menyatakan mengundurkan diri. (admin)

 

 

Berita lainnya

Komentar

Close
Close