KPU Minahasa Gelar Sosialisasi Tatacara Pencalonan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Silon

KPU Minahasa Gelar Sosialisasi Tatacara Pencalonan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Silon

Tondano - Menyukseskan berbagai tahapan selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa menyosialisasikan tahapan pencalonan, Jumat (17/11/2017).

Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Meidy Tinangon mengatakan, komisioner berdasarkan divisi masing–masing menyampaikan materi terkait tahapan tersebut.

Seperti halnya soal calon dari jalur perseorangan yang harus melalui aplikasi Sistem Informasi Calon (SILON). Dimana hal tersebutpun hendak digunakan dalam proses verfikasi dukungan calon.

Sedangkan untuk calon dari Partai Politik (Parpol) maupun Gabungan Parpol pun ada mekanisme tersendiri. Baik dari segi jumlah presentasi dukungan sesuai persyaratan maupun administrasi apa saja yang harus disiapkan. Bahkan sampai dengan soal bagaimana proses pemeriksaan kesehatanpun disampaikan.

“Semua berkaitan dengan tahapan itu kami sampaikan kepada siapa saja yang berkeinginan mencalonkan lewat jalur perseorangan maupun Parpol dan Gabungan Parpol,” ujar Tinangon.

Dia berharap, apa yang disampaikan dalam sosialisasi bisa dipahami dan dimengerti. Karena jika demikian, maka dipastikan tahapan pencalonan dalam Pilkada Minahasa nanti akan berjalan lancar.

“Kalau semua paham dan mengerti aturan–aturan terkait, kami yakin tahapan ini tidak akan ada permasalahan,” pungkasnya. (admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close