KPU Minahasa Serahkan Hasil Verifikasi Parpol

KPU Minahasa Serahkan Hasil Verifikasi Parpol

 

7 Parpol Wajib Lengkapi Berkas

 

Tondano - Hasil penelitian administrasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2018 di Minahasa mendapati hasil tujuh parpol belum memenuhi syarat. Komisi pemilihan Umum (KPU) Minahasa meminta parpol ini segera memperbaiki dokumen daftar anggota masing-masing.

Berdasarkan data KPU Minahasa, syarat minimal dukungan yang dimasukkan masing-masing parpol di Minahasa sebanyak 336 orang. Namun dari 14 parpol, ada tujuh parpol yang belum mencapai batas minimal dukungan tersebut.

Parpol yang belum memenuhi syarat adalah Partai Demokrat (333), Partai Garuda (310), Partai Hanura (55), Partai Keadilan Sejahtera (149), Partai Persatuan Pembangunan (112), Partai Republik (6), dan Partai Kesatuan Bangsa (238).

Komisioner KPU Minahasa, Dicky Paseki saat diwawancarai mengatakan pihaknya meminta semua parpol untuk memperbaiki data dukungan yang tidak memenuhi syarat. Masa perbaikan dilakukan mulai 18 November sampai 1 Desember 2017.

"Perbaikan dilakukan sampai batas minimal yang disyaratkan yaitu 336 dukungan. Kami menyerahkan sepenuhnya proses perbaikan ini pada parpol yang bersangkutan," ujarnya.

Paseki mengatakan perbaikan dokumen bukti dukungan akan diverifikasi ulang oleh KPU Minahasa.

"Nantinya proses penelitian ulang dokumen yang diperbaiki akan dilakukan 2 Desember 2017," ujarnya.

Paseki menjelaskan usai proses verifikasi kedua nanti pihaknya akan melaporkan data tersebut pada KPU Republik Indonesia (RI). Penentuan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat adalah kemewangan KPU RI. (admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close