PERS Diharap Jadi Corong GERAKAN ANTI MONEY POLITICS

PERS Diharap Jadi Corong GERAKAN ANTI MONEY POLITICS

Menghadapi Pilkada Minahasa Tahun 2018 yang tahapan persiapannya telah mulai digulir KPU Minahasa sejak Januari ini, isu money politics mendapat perhatian KPU Kabupaten Minahasa dalam upaya mewujudkan demokrasi substansial yang sarat dengan nilai keadilan dan kebenaran. Karenanya KPU Minahasa mengharapkan insan pers sebagai salah satu pilar demokrasi dapat mensuport gerakan anti politik uang atau money politics, diantaranya dengan cara menjadi corong untuk menyuarakan dan memberikan penyadaran kepada setiap elemen demokrasi untuk menolak tindakan money politics.

Demikian salah satu inti percakapan dalam sharring media visit KPU Minahasa di redaksi Harian Manado Post Group, Kamis (27/01). Dihadapan Redaktur Pelaksana Manado Post, Flip Kopantouw, Ketua KPU Kabupaten Minahasa menyampaikan keprihatinannya tentang masih maraknya money politics dalam setiap hajatan pesta demokrasi.

"Kami prihatin, sekalipun belum ada kasus money politics di Minahasa yang terbukti dalam proses hukum, namun telah menjadi rahasia umum, praktek money politics dengan berbagai modus masih terjadi. Masyarakat kita dididik dengan kultur a-demokratis dan mengantarkan mereka pada sikap permisif terhadap politik uang padahal tanpa mereka sadari, hal itu sama saja dengan mereka menjual hak asasi mereka," tandas Tinangon.

Tinangon menyampaikan harapannya terhadap partisipasi pers untuk turut memberikan pendidikan politik dalam bentuk pencerahan politik kepada publik baik melalui berita, artikel atau iklan layanan masyarakat. 

"Kami berharap pers bisa menjadi corong gerakan anti money politics," ungkap Tinangon yang pada kesempatan itu didampingi Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Kkristoforus Ngantung.

Redpel Manado Post menyatakan bahwa pihaknya tetap konsisten untuk menyuarakan keadilan dan kebenaran termasuk terus mengkampanyekan bahaya money politics.

Media Visit KPU Minahasa digagas dalam upaya membangun komunikasi konstruktif dengan media yang ada di Sulut untuk mensupport penyelenggaraan Pilbup Minahasa 2018 yang adil, jujur dan bermartabat.

(humas.01)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close