Permintaan Informasi Publik di KPU Minahasa Terlayani 100%

Permintaan Informasi Publik di KPU Minahasa Terlayani 100%

Manado-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, dibawah pimpinan Ketua Meidy Y Tinangon SSi MSi, Kamis (26/01), berkesempatan mengunjungi Kantor Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Utara di Manado.

Kedatangan Tinangon yang turut didampingi Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Kristoforus Ngantung SFils ini, didampingi Ketua KIP Sulut Drs Philep Morse Regar MSi.

Dalam pertemuan tersebut, Tinangon menjelaskan komitmen KPU Minahasa untuk memberikan pelayanan informasi publik sebagai salah satu badan publik yang terikat dengan ketentuan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Berbagai upaya yang telah kami lakukan adalah menyusun SOP Pelayanan Informasi Publik, Pembentukan Struktur Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan helpdesk pelayanan informasi publik serta mengaktifkan e-PPID sebagai instrumen pelayanan informasi publik digital atau online,” ungkap Tinangon.

Sementara, Komisioner KIP Sulut Drs Philep M Regar merespon positif usaha dan komitmen KPU Minahasa dalam pelayanan informasi publik. Usai dialog Tinangon menyerahkan dokumen laporan tahunan informasi publik kepada KIP Sulut yang langsung diterima Regar.

“Dalam laporan tersebut disampaikan hasil serta proses pelayanan informasi publik, dimana 100 persen permohonan informasi publik baik secara langsung maupun melalui e-PPID telah terlayani. Tidak ada permohonan yang diabaikan. Pelayanan informasi publik yang prima telah menjadi komitmen kami, apalagi hal ini merupakan kewajiban sebagai institusi pengawal demokrasi,” jelas Tinangon lagi.

"Demokrasi wajib hukumnya mengedepankan keterbukaan atau transparansi," ungkap Tinangon menutup penjelasannya. (humas.01)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close