KPU Minahasa Teken PK dan Tetapkan RKT-RAK 2017

KPU Minahasa Teken PK dan Tetapkan RKT-RAK 2017

Sebagai tindak lanjut terhadap Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Permenpan-RB Nomor 53 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Review atas Laporan Kinerja serta menindaklanjuti Surat KPU RI Nomor Nomor 698/KPU/XII/2016 maka KPU Kabupaten Minahasa melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun Anggaran 2017. Penandatanganan kontrak kinerja tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kantor KPU Minahasa, Kompleks Stadion Maesa Tondano pada hari Senin (9/1/2017) pagi.

TONDANO- PK KPU Minahasa terdiri dari dua bagian, masing-masing: PK KPU Kabupaten yang ditandatangani Ketua KPU Kabupaten Minahasa , Meidy Y Tinangon dan PK Sekretariat KPU Kabupaten Minahasa yang ditandatangani sekretaris KPU Minahasa, Meidy R Malonda dan Ketua KPU Minahasa selaku atasan langsung sekretaris KPU Minahasa.

Menurut Ketua Divisi Perencanaan dan Data, Lord A. Ch. Malonda, S.Pd, Perjanjian Kinerja yang ditandatangani berisi sasaran yang hendak dicapai, indikator dan target kuantitatif yang terukur.

“Keberhasilan atau kegagalan pencapaian target yang dituangkan dalam PK menjadi tanggung jawab kami,” demikian sebagian isi dari PK yang dibacakan pada hajatan yang dihadiri komisioner dan jajaran sekretariat KPU Minahasa.

Dalam PK juga tertuang anggaran APBN yang dikelolah dalam rangka pencapaian kinerja. Untuk Tahun 2017 KPU Minahasa mendapat alokasi DIPA  sebesar Rp. 2.494.664.000,- yang sebagian besar teralokasi untuk belanja pegawai.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon, menjelaskan bahwa terdapat 3 sasaran strategis yang hendak dicapai berdasarkan Renstra KPU Minahasa 2015-2019 yaitu terlaksananya tahapan pemilu yang demokratis, Teraksananya Pemilu/Pemilihan yang aman, jujur, damai dan adil, serta meningkatnya kapasitas penyelenggara Pemilu/Pemilihan.

Tinangon menambahkan, mereka bertekad melaksanakan Perjanjian Kinerja ini dengan konsisten.

"Penandatanganan PK ini adalah bukti komitmen dan konsistensi KPU Minahasa mengimplementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP," ungkap Tinangon.

Selain menetapkan dan menandatangani PK, KPU Minahasa juga menetapkan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) dan Rencana Aksi Kinerja (RAK) yang merupakan dokumen rencana pelaksanaan kinerja sebagai implementasi dari perjanjian kinerja yang ditandatangani.

(admin)

Berita lainnya

Komentar

Close
Close