Tinangon Himbau Parpol Segera Siapkan Diri Hadapi Pilbup 2018

Tinangon Himbau Parpol Segera Siapkan Diri Hadapi Pilbup 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa mengimbau kepada semua partai politik untuk mempersiapkan diri memasuki masa pemilihan kepala daerah. Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Minahasa direncanakan digelar Juni tahun 2018, namun tahapannya akan bergulir sejak tahun 2017 mendatang.

"Mulai sekarang sebenarnya partai politik sudah bisa mempersiapkan diri secara intern, semisal siapa yang akan digadang-gadang menjadi calon usungan Parpol atau akan berkoalisi dengan partai apa," jelas Meidy Tinangon Ketua KPU Minahasa kepada sejumlah wartawan di Kantor KPU Minahasa belum lama ini.

Ia menjelaskan, kesiapan dini partai sangat menentukan kelancaran pelaksanaan tahapan. "Partai harus mempelajari syarat calon, supaya calon yang diusung benar-benar memenuhi persyaratan sesuai ketentuan. Sehingga proses pencalonan tidak terkendala," ungkap Tinangon yang telah menjadi penyelenggara Pilkada sejak Pilbup 2007 dan 2012.

Menurutnya, Parpol juga bisa berkonsultasi jug dengan KPU terkait peraturan baru Pilkada yang akan digunakan pada Pilkada tahun 2018 Mendatang supaya partai bisa lebih siap.

"Supaya nanti, semua Parpol sudah tahu aturannya dan bisa menyesuaikan dengan peraturan baru tersebut, juga sudah sama pandangan soal aturan baru tersebut," jelas dia.

Menurutnya, saat ini sudah keluar peraturan baru KPU soal Pilkada sesuai dengan UU nomor 10 tahun 2016."Supaya nanti sudah tahu aturan mainnya seperti apa," ujarnya.

Berita lainnya

Komentar

Close
Close